Formulir Kontak

 

TANGGUNG JAWAB WARGA NEGARA TERHADAP BANGSA






Pengertian Tanggung Jawab


            Tanggung Jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung Jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.


Anda seorang mahasiswa, kewajiban anda adalah belajar. Bila anda belajar maka hal itu berarti anda telah memenuhi kawajuban anda. Berarti pula anda telah bertanggung jawab atas kewajiban anda. Sudah tentu, bagaimana kegiatan belajar anda, itulah kadar pertanggung jawaban anda. Bila pada ujian anda mendapat nilai C, atau B maka nilai C atau B kadar pertanggung jawaban anda. Anda malas belajar, dan anda sadar akan hal itu. Tetapi anda tetap tidak mau belajar dengan alasan capek, segan, dan lain-lain. Pada hal anda menghadai ujian. Itu berarti bahwa anda tidak memenuhi kewajiban anda, berarti pula anda tidak bertanggung jawab.

Sebagai warga negara bangsa indonesia sepatutnya mempunyai tanggung jawab yang harus dilaksanakan kepada bangsa, yaitu dengan memahami dan mengamalkan ideologi nasional yaitu pancasila dan Suatu kenyataan lagi bahwa tiap manusia, tiap individu adalah suatu warga negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, dan bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma yang di buat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara atas apa yang telah ia perbuat. Kita harus menjaga nama baik bangsa dan negara kita sendiri dengan prestasi-prestasi anak bangsa.

Tanggung jawab sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia sejak lahir tetapi setiap orang memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda, Tanggung jawab juga merupakan dimana keadaan wajib menanggung akibat segala sesuatu yang telah kita kerjakan, tanggung jawab bisa berakibat buruk jika kita melakukannya dengan sesuka hati kita, sebaiknya kita melakukanya dengan bijak agar tidak merugikan diri kita sendiri dan orang lain.

Bentuk-bentuk sikap dan perilaku warga negara yang mencerminkan perwujudan tanggung jawab terhadap negara dan bangsa, yaitu sebagai berikut :


    • ·       Memahami dan mengamalkan ideologi nasional kita, yakni Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam berbgai bidang kehidupan seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan.
    • ·        Menjaga dan memelihara nama baik bangsa dan negara di mata dunia internasional sebagai bangsa dan negara yang merdeka, berdaulat, berperadaban, dan bermartabat.
    • ·        Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan menghindari sikap dan perilaku yang diskriminatif.
    • ·       Membina solidaritas sosial sebagai sesama warga negara Indonesia.
    • ·       Meningkatkan wawasan kebangsaan agar senantiasa terbina rasa kebangsaan, paham kebangsaan, dan semangat kebangsaan pada setiap diri warga negara

Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara. Pendidikan merupakan salah satu dari contoh bentuk tanggungjawab masyarakat atau lebih khususnya pelajar terhadap bangsa dan negara. Karena pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Keadilan adalah perbuatan atau tindakan yang setara terhadap satu hal dan tidak memandang dari segi apapun , dia bersifat adil tidak memandang sekali salah bakal dihukum dan tidak memandang bulu sedikitpun agar seluruh manusia dapat merasa nyaman karena semuanya adil dan tidak memandang.

Pada dasarnya keadilan itu, tidak menindas, tidak memaksakan kehendak,  tidak membiarkan adanya rencana kejahatan terhadap apapun, Hidup dalam harmoni antara satu dengan yang lain. Jangan sombong, tetapi bersosialisasi dengan siapa saja dengan rendah hati, Jangan pernah bijaksana di mata Anda sendiri, Jika mungkin dapat melkukan semua itu, maka kita sudah dapat dikatakan hidup dengan damai.

Pada jaman sekarang keadilan menjadi salah satu hal yang ternyata sangat sulit didapat, keadilan yang seharusnya menjadi penentu keputusan untuk banyak hal kini menjadi suatu hal yang berharga sangat mahal. Indonesia merupakan salah satu contoh negara berdemokrasi namun minim rasa keadilan. Warga negara indonesia, terlebih khususnya rakyat kurang mampu selalu menjadi korban dari minimnya keadilan di negara ini. Contohnya saja, pernah terjadi kasus warga penghuni rumah susun yang ‘numpang nge-cash’ handphone dikenai tuntutan hukuman, bahkan kasusnya pun dibuat berlarut-larut. Dan masih banyak lagi contoh korban lain dari minimnya keadilan negara yang katanya ‘berdemokrasi ini.

Tanggung Jawab Warga Negara Terhadap Bangsa dan Negara Indonesia


Keberadaan negara, seperti organisasi secara umum, adalah untuk memudahkan anggotanya (rakyat) mencapai tujuan bersama atau cita-citanya. Keinginan bersama ini dirumuskan dalam suatu dokumen yang disebut sebagai Konstitusi, termasuk didalamnya nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh rakyat sebagai anggota negara. Sebagai dokumen yang mencantumkan cita-cita bersama, maksud didirikannya negara Konstitusi merupakan dokumen hukum tertinggi pada suatu negara. Karenanya dia juga mengatur bagaimana negara dikelola. Konstitusi di Indonesia disebut sebagai Undang-Undang Dasar.

Dalam bentuk modern negara terkait erat dengan keinginan rakyat untuk mencapai kesejahteraan bersama dengan cara-cara yang demokratis. Bentuk paling kongkrit pertemuan negara dengan rakyat adalah pelayanan publik, yakni pelayanan yang diberikan negara pada rakyat. Terutama sesungguhnya adalah bagaimana negara memberi pelayanan kepada rakyat secara keseluruhan, fungsi pelayanan paling dasar adalah pemberian rasa aman. Negara menjalankan fungsi pelayanan keamanan bagi seluruh rakyat bila semua rakyat merasa bahwa tidak ada ancaman dalam kehidupannya. Dalam perkembangannya banyak negara memiliki kerajang layanan yang berbeda bagi warganya.

Berbagai keputusan harus dilakukan untuk mengikat seluruh warga negara, atau hukum, baik yang merupakan penjabaran atas hal-hal yang tidak jelas dalam Konstitusi maupun untuk menyesuaikan terhadap perkembangan zaman atau keinginan masyarakat, semua kebijakan ini tercantum dalam suatu Undang-Undang. Pengambilan keputusan dalam proses pembentukan Undang-Undang haruslah dilakukan secara demokratis, yakni menghormati hak tiap orang untuk terlibat dalam pembuatan keputusan yang akan mengikat mereka itu. Seperti juga dalam organisasi biasa, akan ada orang yang mengurusi kepentingan rakyat banyak. Dalam suatu negara modern, orang-orang yang mengurusi kehidupan rakyat banyak ini dipilih secara demokratis pula.

Kesimpulan


Tanggung Jawab warga negara merupakan suatu kondisi dimana cara berfikir warga negara yang harusnya bisa sadar akan tanggung jawab dan harus dikerjakan atau harus bisa mempertanggung jawabkan akibat dari perbuatab yang telah diperbuat dan harus bisa adil dalam mengerjakannya agar tidak ada yang dirugikan serta menjaga dan melindungi negara untuk mencapai tujuan bersama

Total comment

Author

Devins

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply